Rabu, 05 September 2012

DIALOG INTERAKTIF

DIALOG INTERAKTIF
TEMA BERTANAM JAHE
Pelaku, 1 orang moderator, 2 orang dokter, dan 2 orang pokja adwiyata

MIFTAHUL HUDA
Assalamu’alaikun Wr .Wb.

Selamat pagi pemirsa semua, selamat berjumpa dengan saya Oshy dewandari di acara kesayangan yaitu Tulungagung Gemilang . Di saat ini saya akan melakukan Dialog Interaktif dengan tema Tanaman Jahe. Saat ini saya sudah mengundang ibu-ibu dari ahli kesehatan:

1. Dr. Muhamad Rizal Ramadhani

2. Dr.Aditya Armanda Putra


Saya mengundang dua ahli tersebut  dari Ahli Kesehatan karena mereka telah mengerti dan faham tentang manfaat dan kandungan obat yang terdapat dalam tanaman jahe.
Selanjutnya saya juga sudah mengundang kawan-kawan dari Pokja Adiiwiyata yaitu:

1.  Rio Andika Saputra

2. Muhammad Wahyu Ali Sodik

Mereka saya undang untuk memberikan informasi dan inovasi karena mereka mungkin sudah bergelut di bidang tanam menanam di sekolah adiwiyata

Okelah …… kalau begitu kita mulai saja ngobrol-ngobrol dengan para narasumber .Yang pertama saya akan bertanya pada kawan Pokja Adiwiyata .
           
Apa kabar  Bapak  dan kawan-kawan narasumber? Selamat datang di studio kami !
Narasumber :
Baik, sangat baik dan sangat luar biasa.
MIFTAHUL HUDA
Baiklah kita akan memulai dialog kita pada pagi hari ini. Saya ingin bertanya pada kawan-kawan pokja . Ngomong-ngomong ya . kalau boleh tahu tanaman jahe itu apa sih ?

RIO
 Tanaman jahe itu ya mbak , tanaman rimpang yang digunakan sebagai rempah-rempah pada bumbu masak dan juga dapat digunakan sebagai alternaltif obat.

MIFTAHUL HUDA
 Sebenarnya ada berapa jenis tanaman jahe itu?
SODIK
Kalau tanaman jahe itu ada 3 jenis : ada putih / jahe kuning besar yang disebut juga jahe gajah / jahe badak. Terus ada juga jahe putih/ jahe kuning kecil yang disebut juga dengan jahe suntil/ jahe emprit. Terus yang terakhir jahe merah.


MIFTAHUL HUDA
Sebenarnya apa sih manfaat jahe? Memang ada hubungannya dengan kesehatan manusia?

SODIK
:         Jahe itu bisa menurunkan tekanan darah terus juga bisa membantu pencernaan dan juga mencegah penggumpalan darah.

D r.  RIZAL
Terus jahe juga dapat mencegah mual , membuat lambung menjadi nyaman , dan juga meningkatkan kram perut dan mengeluarkan angin.

Dr. A DIT :
Yang saya tahu jahe juga bisa digunakan sebagai bumbu masak , menambah nafsu makan dan juga memperbaiki pencernaan .
 MIFTAHUL HUDA
 Dalam menanam jahe , ada nggak kesulitan atau hambatan dalam menanam jahe?

SODIK
Biasanya hambatannya adalah saat menanam jahe diserang penyakit laju yang disebabkan oleh serangga bakteri Ralstonia Selanaceranum.

MIFTAHUL HUDA
 Terus kalau terjadi pemunahan apa yang biasanya dilakukan ?


RIO
          Kita akan menggunakan perakitan Varietal lahan, metode evisien serta materi genetik , cara yang terakhir yaitu dukungan teknologi.

MIFTAHUL HUDA
 Terus kalau di sekolahmu tempat pembudidayaan tanaman jahe itu dimana?

RIO
Disebelah barat 9 f  tepatnya tempat pembudidayaan tanaman Toga. Jadi pemirsa sering kita anggap remeh tanaman jahe. Tapi ternyata apa?


MIFTAHUL HUDA

Banyak sekali manfaatnya dan sangat mudah membudidayakannya . Semoga dialog pada hari ini dapat menambah wawasan pengetahuan anda . Terimakasih banyak untuk para narasumber yang mau datang dan memberikan informasi untuk kita semua . Dan saya mewakili para kerabat kerja yang bertugas mohon maaf bila ada salah-salah kata .Dan saya ucapkan terimakasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar